Beranda > Otomotif > Era keemasan Astra Honda motor akan segera berakhir

Era keemasan Astra Honda motor akan segera berakhir

Honda Bangkrut

Techno mania..
Strategi AHM dalam menggempur pasar sepeda motor memang fenomenal, tercatat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, pabrikan ini jor-joran dalam menelurkan produk baru..

Produk baru tentu saja menaikkan pamor pabrikan, apalagi dalam waktu setahun bisa belasan produk (baru & facelift) yang di launching, ini jelas mengharumkan nama AHM..

Karena meluncurkan satu product saja, biayanya jelas tidak murah..
Untuk gebrakan memang berdampak positif dan membuat pasar sepeda motor semakin bergairah, tapi sampai kapan..??

Berbeda dengan langkah kebijakan pabrikan motor lain, Yang dilakukan AHM memang harus begitu (Gempur Pasar), mengingat kapasitas pabrik perakitan yang memang sudah

terlanjur besar.. Dengan fasilitas produksi yang besar, jika hanya menghasilkan produk dengan volume yang kecil, bukankah Cost Produksinya akan sangat mahal..?? Lalu dengan dengan produksi yang melimpah-ruah tersebut, mau dikemanakan hasil produksinya..? (AHM tidak mengambil jalur Export) bukankah akan membanjiri jalanan di Indonesia..

Untuk saat ini strategi mengepung semua segmentasi sepeda motor memang yang terbaik untuk AHM. Bahkan para kompetitor Honda jadi ikut merasakan manisnya strategi AHM, karena pasar sepedamotor yang semakin menggeliat naik.. Ini terbukti pihak pabrikan yamaha yang ikutan laris manis dalam menjual produknya.. Ditambah lagi peranan Leasing yang semakin gencar membantu promosi, maka kepemilikan motor baru Honda akan semakin mudah saja.. Tapi dengan banjirnya produk, maka yang akan terjadi adalah menurunnya “Demand”, otomatis brand motor Honda pun bukan lagi barang mewah..

Disini harga jual kembali second-hand merk Honda akan jauh lebih hancur ketimbang merk lain, terlebih konsumen yang telah dikecewakan oleh kualitas Honda yang tidak

sebaik dulu.. Bahkan sejak awal tahun, Honda Tiger yang dulu punya kasta tertinggi, harga jual kembali-nya sudah jauh menurun, demikian juga dengan CS-1 yang sulit di

jual kembali. IMHO, inilah yang membuat langkah Yamaha tidak latah menyaingi setiap produk yang dikeluarkan Honda, dan lebih mengambil langkah “mengamati”.. Ingat bahwa, setiap pasar pasti ada lesunya juga..

Strategi Honda yang menutup rapat rentang harga produknya juga bisa saja saling memakan antar varian.. Hanya berbeda 150 ribu, tapi dapat motor yang secara kasta lebih baik, tentu yang lebih murah 150 ribu tersebut ditinggalkan konsumen, seperti Tiger dan CS-1.. lalu kemana akhirnya produk yang dimakan oleh saudara kandungnya tersebut..? Biasanya dijadikan kendaraan Dinas Kesehatan, Kantor Kelurahan, kecamatan, Perhutani, Kantor Pos, dll.. bisa dilihat banyak motor honda ber plat NOPOL merah..

Masih banggakah menggunakan motor Honda..??

Bagaimana dengan income Dealer Honda..?? Jika di Suzuki saja dalam satu kota bisa terdapat dua Main Dealer dan sering terjadi gesekan perang diskon, maka perang diskon di dealer Honda akan jauh lebih kejam.. di Palembang saja terdapat 4 main dealer Honda.. Apalagi di kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, dll.. Maka banyaknya dealer Honda belum tentu semua mendapatkan keuntungan, mungkin saja justru mengalami kerugian.. Terlebih di kota yang peranan mediatornya mendarah daging seperti Cirebon.. Tidak jarang Dealer tetap menjual dalam keadaan rugi.. Ini karena gengsi antar dealer yang terpancing mediator..

Kalau sekarang AHM masih berjaya, bagaimana dengan lima tahun kedepan..?? jika strategi “Gempur Pasar” masih digunakan AHM, apakah nama Honda masih berjaya..??

Seorang kerabat TRM yang punya Supra 125 Helm-in & Vario 125 (Non ISS) sangat kecewa, karena Supra nya tidak senyaman Shogun 125 (2004) yang dulu pernah digunakan, bahkan Shogun yang dulu selalu setia menemani aktifitas baru minta ganti Sprocket-Set setelah masuk tahun ke-7.. Sedangkan Vario-nya kick Starter sudah tidak mau kembali ke posisi semula di bulan ke-4.. dan jok terbuka sendiri walau di kunci rapat, demikian juga dengan Brake Lever (Tuas rem) yang sudah terkikis..

Kecewa..?? Jelas…!! tapi mau segera ganti..?? yaa gak dong, cicilan aja belum lunas.. tapi nanti setelah lunas dan sudah punya tabungan, ditambah kondisi motor yang semakin buruk..?? yaa.. pasti..!!

Waktu TRM tanya mau beli apa..?? Dengan lantang menjawab : “Mending Suzuki lagi lah.. Nyesel beli Honda..”

Apakah prediksi TRM hanya bualan…??
Techno Mania.. Dulu siapa yang tidak kenal merk Nokia..?? Nokia yang sekarang tergilas jaman & kalah telak dari merk ponsel lainnya, dulu pernah melakukan strategi “Gempur Pasar” persis seperti yang dilakukan AHM sekarang ini.. Begitu juga dengan merk BlackBerry yang sangat populer, toh terancam kebangkrutan jika tidak segera

menjual system komunikasinya tersebut.. Jadi strategi “Gempur Pasar” bukankah langkah cantik untuk bunuh diri..??
(Kembali ke topik awal..) Tapi jika di tahun-tahun mendatang AHM tiba-tiba mengerem menggelontorkan produk baru, dan tidak lagi jor-joran seperti kebiasaan sebelumnya.. Bukankah jadi cemoohan baru di kalangan pecinta otomotif..??

“Roda memang berputar…!! ” Ada yang mau menanggapi..??

Iklan
  1. orong-orong
    Oktober 24, 2013 pukul 4:39 pm

    sip gan

  2. bangor
    Januari 15, 2014 pukul 11:27 am

    judul artikelnya mestinya “Era keemasan Astra Honda motor harus segera diakhiri”… ini lebih cocok

  3. gugun kurniawan
    Maret 18, 2014 pukul 2:36 am

    Gak aneh honda kayak gitu produk doank di banyakin kan ceritanya mau jadi raja produsn motor di indonesi SEMAKIN DI DEPAN

  4. hit motor
    Maret 12, 2016 pukul 1:24 pm

    di dunia tidak ada yang abadi, begitu jg dunia bisnis,

  5. vright
    Juli 16, 2016 pukul 12:09 pm

    wuiiihhh bahasa salesnya keliatan bro….hha

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: